Perusuh Bisa Ditembak di Tempat Dua Peleton Brimob Amankan Kampanye


JAMINAN KEAMANAN. Pasukan pengamanan dari satuan brimob Parepare saat gelar pasukan di lapangan Bhakti, Rantepao, Jumat, 22 Oktober. (FOTO IST)
RANTEPAO -- Kampanye Pemilukada Toraja Utara akan dimulai hari ini, Sabtu, 23 Oktober. Kampanye diawali penyampaian visi misi dari tujuh kandidat yang bertarung.

Tujuh pasangan calon yang akan memaparkan visi misinya di DPRD Toraja Utara sesuai nomor urut adalah Andarias Palino Popang-Sarah Lallo (1), Daniel Rendeng-Johanis Palimbong (2), YS Dalipang-Simon Liling (3), Bride Allorante-Johanis O.S Bari (4), Deka Paranoan-Mathius Lobo' (5), Frederik Batti Soring-Frederik Buttang Lombelayuk (6), serta pasagan nomor urut 7, Kalatiku Paembonan-Alfrita Pasande.

Pemaparan visi kandidat berlangsung di gedung DPRD Toraja Utara. Dipindahkan ke gedung dewan karena hingga sore kemarin, kantor KPU masih disegel dan diduduki massa pendukung Agustinus La'lang-Benyamin Patondok.

Untuk mengamankan jalannya pemaparan visi misi ini, dua peleton petugas keamanan dari Satuan Brimob Parepare diterjunkan. Brimob serta personel pendukung dari Polres Enrekang dan Palopo, juga telah tiba di Rantepao sejak Kamis, 21 Oktober.

Kapolres Tana Toraja, AKBP Yudi Sinlaeloe mengatakan bahwa dua peleton brimob akan memback up personil polres Tana Toraja mengamankan jalannya kampanye Pemilukada di Toraja Utara.

"Ini bentuk keseriusan kami menjaga agar pilkada berjalan aman, damai dan lancar," kata Yudi usai gelar pasukan pengamanan pemiulkada Toraja Utara di Lapangan Bhakti Kota Rantepao, Jumat, 22 Oktober.

Polres Tana Toraja, kata Yudi, juga mendapat tambahan pasukan pengamanan satu peleton dari polres Enrekang dan satu peleton dari polres Palopo. Pasukan tambahan dari bromob maupun polres tetangga akan berada di wilayah Toraja Utara mulai pelaksanaan kampanye hingga pelantikan bupati-wakil bupati terpilih atau kondisi wilayah Toraja Utara sudah dipastikan aman dan terkendali.

Yudi menjelaskan, dalam melakukan pengamanan, pihak kepolisian berpedoman pada protap Polri. Namun, jika kondisi wilayah sudah tidak terkendali kata dia, maka aparat pengamanan akan bertindak tegas yakni tembak ditempat bagi para pelaku kerusuhan.

Sementara itu, ketua KPU Toraja Utara, Yohanis Banga Rombe menyatakan pihaknya telah siap melaksanakan tahapan kampanye pemilukada Toraja meski kantor KPU masih disegel massa.

"Sesuai dengan jadwal tahapan pemilukada Toraja Utara, masa kampanye akan dimulai 23 Oktober sampai 7 November yang diawali dengan penyampaian visi-misi pasangan calon yang akan berlangsung di gedung DPRD besok (hari ini red). Jadi kita tetap melanjutkan tahapan," tegasnya.(kas)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar